about me

Rabu, 13 Agustus 2014

Tips dan Trik PATI

ETIKA BERINTERNET (NETTIQUE)
Sebagai contoh : jika kita menerima email yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, adalah berkesan marah, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita kirimkan, menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu:, atau "betul." Tata tertib berinternet yang disebut Nettique!, beberapa nettique di antarnya:

a. Perlakukan Email Secara Pribadi
Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal, maka jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda, maka jangan mengirim kembali informasi tadi ke forum, seperti: kelompok grup, atau mailing-list.

b. Jangan Membicarakan Orang Lain.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan-kejelekannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tlis. Email memiliki fasilitas bernama "Forward" yang mengizikan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.

c. Jangan Gunakan  Huruf Kapital.
Seperti halnya membaca surat kabar atau surat, embaca pesan email yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat, Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email chat, penggunakan huruf besar {kapital} biasanya dianggap berteriak atau marah. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud anda.

d. Jangan Terlalu Banyak Mengutip.
Hati-hati dalam melakukan balasan (replay). Fasilitas "replay" dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang anda terima secara otomatis kedalam isi surat anda. jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban email, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya memjawab bagian-bagian yang relevan saja.

e. Jangan Gunakan CC
Jika anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang hindari mencantumkan nama-nama pada baris CC. Jika melakukan hal itu semua orang yang mengirim mail anda, akan bisa melihat alamt-alamat email oranglain. Selalu gunakan BCC, dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri

f. Jangan Gunakan Format HTML.
Jika anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan anda jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa progam email rekan anda memahami kode HTML.

g. Jawablah Secara Maksud Akal
Jawablah setiap pesan email secara masuk akal. Jangan menjawab  dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi menjawab pesan email secara panjang lebar, dan anda menjawab dalam satu kata misalnya : good. Wah itu sangat menyebalkan.

h. Gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan, untuk efisiensi penggunaan kata.
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau kata by the way bisa disingkat BTW, In my opinion disingkat IMO, because disingkat coz dan sebagainya.

sumber : Buku Panduan Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar